Menghitung Biaya Tak Langsung Dalam Paket Wisata

menghitung biaya tidak langsungnya bias dilakukan dengan cara
a)      Biaya tidak langsung dimasukan kedalam besaran “M”. ‘M” yang baik dapat menutupi biaya tidak langsung dan juga menutupi biaya lansung yang tidak terpakai karena produknya tidak terjual. Maksudnya adalah biaya tidak langsung harus tergantikan oleh keuntungan margin.
b)      Biaya tidak langsung ditransformasikan kedalam biaya langsung
c)      Mengabaikan perhitungan biaya tidak langsung hal ini dilakukan dengan cara meminimkan biaya tidak langsung. Perhitungan ini lebih mudah namun tidak akurat.
Secara garis besar, sifat biaya component tour atau paket wisata terdiri dari dua biaya yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya Variabel (variable cost). Permasalahan yang timbul adalah bagaimana cara menghitung jumlah keseluruhan biaya paket wisata yang terdiri dari 2 jenis biaya yang mempunyai sifat yang berbeda. Penghitungan biaya tersebut tidak akan mungkin jika tidak merubah salah satu jenis biaya ke biaya yang sama, penghitungannya bisa dilakukan dengan beberapa alternatif diantaranya yaitu:
1.    Mengubah biaya tetap (biaya bagi sejumlah pax tertentu) kedalam biaya perorangan, baru kemudian ditambahkan biaya variable (yang sudah menyatakan biaya perorangan) untuk memperoleh biaya perorangnya. Cara ini cocok digunakan untuk penghitungan yang menggunkan saving cost.
2.    Mengubah biaya variable (biaya per orang) kedalam biaya bagi sejumlah pax tertentu, baru kemudian dilakukan penjumlahan dengan biaya tetap. Baru setelah itu dilakukan pembagian dengan jumlah pax yang ada, untuk mendapatkan harga satuan. Cara ini cocok dilakukan untuk peyusunan tailor made tour.

Komentar

Postingan Populer