Meeting Planner
Meeting Planner
*Peranan Meeting Planner
*Profesi dalam Event Organization yang terpenting adalah
meeting planner, yaitu orang yang berperan dalam merencanakan, megelola,
menyelenggarakan dan mengevaluasi kegiatan yang berkaitan dengan MICE
*Jadi pada dasarnya secara
keilmuan ruang lingkup tugas meeting planner, PCO dan DMC hampir sama hanya
penyebutannya berbeda di beberapa negara.
- Definisi Meeting Planner
Menurut Deny G Rutherford
memformulaskaan Meeeting or Convention Planner sebagai berikut :
An intermediarry in the
travel distribution system who links business travelers with travel service and
coordinates the details of that linkage to produce to a succesful meeting or
convention
•Selain itu, meeting
planner di definisikan sebagai berikut:
•Is an individual who
does more man just plan a clearly difined linier activity called meeting.
Meeting planners manage a detail, activities and interctions of meetings from
the meetings from concetion through that categories of activities
- Kesimpulan definisi meeting planner
2. Jenis- Jenis meeting Planner
- Corporate meeting planner,
yaitu orang yang diberikan suatu jabatan untuk merencanakan dan melaksanakan secara rinci pertemuan perusahaan.
- Association Meeting Planner,
yaitu karyawan yang bekerja dari suatu organisasi atau asosiasi yang mempunyai tugas dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan pertemuan-pertemuan dari tempat ia bekerja.
- Goverment meeting planner,
yaitu pegawai pemerintah yang bertugas merencanakan dan melaksanakan pertemuan-pertemuan organisasi dari unit pemerintahan.
3. Fungsi Meeting Planner
Membentuk dan menciptakan rencana pertemuan dan materi yang dibutuhkan
Memilih venue/ruang pertemuan dengan fasilitas yang mendukung
Negosiasi fasilitas-faslilitas yang dibutuhkan
Merencanakan harga jual dan biaya permodalan
Melakuka reservasi dan akomodasi jika diperlukan
Memastikan transportasi dan cadangan pilihan
Menyiapkan acara pertemuan
Menyiapkan buku panduan pertemuan dan fasilitas panggung
Menyiapkan prosedur pendaftaran
Mengatur ruang pendukung yang akan digunakan, seperti convention bureau, outside service dan hospitality committeee
Menkoordinasikan dengan staff ruang pertemuan atau ruang pameran
Mengkoordinasikan dengan manager ruang pameran
Menyediakan ruang staf untuk koordiansi acara sebelum dan sesudah event
Penanganan barang peserta tidak bermasalah di bea cukai atau instansi yang terkait
Merencanakan ruang serba guna
Mengatur pameran
Mengatur makan dan minum
Menyiapkan perlengkapan audio visual
Memilih dan menetapkan pembica pertemuan
Membukukan hiburan untuk peserta/ panitia
Menjadwalkan publikasi dan promosi
Menciptakan acara khusus untuk tamu dan event
Memproduksi dan mencetak materi event
Menyebarkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung
Mengadakan evaluasi/pertanggungjawaban di akhir event
Memilih venue/ruang pertemuan dengan fasilitas yang mendukung
Negosiasi fasilitas-faslilitas yang dibutuhkan
Merencanakan harga jual dan biaya permodalan
Melakuka reservasi dan akomodasi jika diperlukan
Memastikan transportasi dan cadangan pilihan
Menyiapkan acara pertemuan
Menyiapkan buku panduan pertemuan dan fasilitas panggung
Menyiapkan prosedur pendaftaran
Mengatur ruang pendukung yang akan digunakan, seperti convention bureau, outside service dan hospitality committeee
Menkoordinasikan dengan staff ruang pertemuan atau ruang pameran
Mengkoordinasikan dengan manager ruang pameran
Menyediakan ruang staf untuk koordiansi acara sebelum dan sesudah event
Penanganan barang peserta tidak bermasalah di bea cukai atau instansi yang terkait
Merencanakan ruang serba guna
Mengatur pameran
Mengatur makan dan minum
Menyiapkan perlengkapan audio visual
Memilih dan menetapkan pembica pertemuan
Membukukan hiburan untuk peserta/ panitia
Menjadwalkan publikasi dan promosi
Menciptakan acara khusus untuk tamu dan event
Memproduksi dan mencetak materi event
Menyebarkan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung
Mengadakan evaluasi/pertanggungjawaban di akhir event
- Proses Kerja Meeting Planner
Mengatur pertemuan
Konsentrasi dalam perencanaan
Konsentrasi dalam mengambil keputusan
Konsentrasi dalam pengawasan
Tentukan kepanitiaan dan anggota/staff
Merencanakan, mengatur dan koordinasi
Evaluasi untuk segala masukan dan perencanaan ke depan
Kegiatan khusus
Menetukan/mengatur masalah pokok
Diselesaikan Pendaftaran peserta sebagai dokumen
Tinjau dan evaluasi
Pengemasan komunikasi
Negosiasi /kontrak : hotel, fasilitas transportasi, makan dan minum
Menyimpan daftar ruangan
Tentukan anggaran dan sumber keuangan
Persiapan surat terima kasih
Simpan jadwal-jadwan makan dan minum
Siapkan asuransi
Selesaikan invoice
Rincinakan tambahan pelayanan yang lain
Siapkan urutan laporan
didokumnetasikan
Promosikan peserta
– Sumber pengaruh pada staff
Siapkan prosedur pendaftaran
– Prosedur berbahaya dan pengeluaran extra
Komentar
Posting Komentar