Tasamuh



  1. 5.      Pengertian Tasamuh
Tasamuh berasal dari bahasam arab “ Tasamaha-yatasamahu-tasamuhun” artinya saling menghargai, menghomati, dan toleransi.
Menurut bahasa Tasamuh ialah suatu sikap yang menghargai dan menghormati ornag lain yang memiliki perbedaan dengan dirinya. Baik suku bangsa, ras, golongan, mahzab, organisasi, agama dsb.
Kita tidak boleh memandang rendah suku, bangsa, agam dan budaya lain apalagi menghina, membenci bahkan menghakiminya. Dengan seseorang dapat berhubungan dan bergaul secara rukun dan harmonis dengan orang lain tanpa menghiraukan adanya perbedaan tertentu diantara mereka. Memiliki sikap tasamuh artinya menyadari tentang kelemahan yang dimiliki. Di dunia ini, tidak ada manusia yang sempurna, yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Orang memiliki sikap tasamuh, misalnya dapat hidup berdampingan secara aman dan damai dengan siapapun meskipun diantara mereka terdapat berbagai perbedaan, namun perbedaan itu tidak dijadika sebagai sumber masalah dan permusuhan.
  1. 6.      Dalil naqli tentang Tasamuh
  • Al- Qur’an Al Hujarat Ayat 13
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ
  Artinya : Hai manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya oaring yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah . Ialah orang yang paling bertaqwa  diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,”(QS Al Hujrat 13
  • Al Ma’idah ayat 2
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تُحِلُّواْ شَعَآئِرَ اللّهِ وَلاَ الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلاَ الْهَدْيَ وَلاَ الْقَلآئِدَ وَلا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلاً مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَاناً وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُواْ وَلاَ يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَن تَعْتَدُواْ وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
                                                                                                      
Artinya :  …Dan tolong menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebaikan dan taqwa dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan (QS Al Maidah 2 )
  •  
  • Q.S Ali ‘Imran : 112
                ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ
Artinya : Mereka diliputi kehinaan dimana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) allah dan tali (perjanjian) dengan manusia
  • Q.S Al-Kafirun : 1-6 
قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَ ﴿١﴾ لَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦
 artinya :
     Katakanlah (Muhammad), “wahai orang-orang kafir !
     Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
     Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah
     Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
     Dan kamu tidak pernah ( pula ) menjadi penyembah apa yang aku sembah
     Untukmu agamamu, dan untukku agamaku
  1. 7.      Contoh perilaku Tasamuh
Islam mengajarkan agar para pemeluknya selalu bersatu dan tidak bercerai berai, selalu hidup dalam damai dan penuh kasih sayang, bila terjadi perselisihan dan perbedaan pendapat segeralah selesaikan dengan sebaik-biknya. Bahkan terhadap pemeluk agama lainpun. Islam memerintahkan umatnya untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Ada beberapa prilaku yang mencerminkan sikap tasamuh yaitu :
  • Meghormati pelaksanaan ibadah pemeluk agama lain.
  • Tidak mencela atau memaki sesembahan pemeluk agama lain.
  • Saling membantu dalam bidang kemasyarakatan.
  • Lapang dada dalam menerima setiap perbedaan, dan tidak memaksaan kehendaknya sendiri.
  • Selalu menjaga ketenangan dan ketentraman di masyarakat, dan selalu menciptakan hubungan yang baik dengan sesama warga masyarakat.
  • Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara     sesama manusia.
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa. Sebagai makhluk sosial kita harus  mengembangan sikap tenggang rasa dengan sesama manusia. Tidak diperbolehkan saling berburuk sangka, saling menjelekan dan lain sebagainya.
  • Tidak semena-mena terhadap orang lain Sebagai makhluk sosial yang hidup ditengah tengah masyarakat, kita juga tidak dibenarkan berbuat semena-mena terhadap orang lain sekalipun kita dapat melakukannya.
  • Gemar Melakukan kegiatan kemanusiaan. Barang siapa yang melapangkan kehidupan dunia orang mukim, maka Allah akan melapangkan kehidupan orang itu di hari kiamat. Dan barang siapa yang meringankan kesusahan orang yang dalam kesusahan, Allah akan menghilangkan kesusahan orang itu di dunia dan akhirat. (HR Muslim)
 8.      Fungsi tasamuh dalam kehidupan bermasyarakat:
 v Mendorong manusia agar saling tolong-menolong karena pada hakikatnya manusia tidak dapat hidup sendiri
v Menumbuhkan sifat jujur dalam masyarakat
v Menumbuhkan sifat hormat-menghormati
v Menjauhkan sifat sombong karena sombong adalah awal kerusakan
v Mempererat persatuan dan kesatuan sesama umat manusia
v Menjaga norma-norma agama,social dan adat istiadat yang berlaku

Komentar

Postingan Populer